Sunday, March 31, 2013

Khasiat Wortel Untuk Kesehatan


Tanaman wortel (daucus carota) mempunyai batang yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar). Akarnya berupa akar tunggang serta berubah bentuk dan fungsi menjadi umbi yang bentuknya bulat dan memanjang. Akar samping sangat sedikit dan tumbuh pada umbinya. Umbi berwarna kuning kemerah-merahan, berkulit tipis, dan jika dimakan mentah, terasa renyah dan agak manis.

Berdasarkan bentuk umbinya, tanaman wortel dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu sebagai berikut: tipe imperator (umbinya berbentuk bulat panjang dengan ujung runcing), tipe chantenay (umbinya berbentuk bulat panjang dengan ujungnya tumpul), dan tipe nantes (tipe peralihan antara tipe imperator dengan tipe chantenay).

Beberapa macam penyakit yang dapat diobati:

  • Haid tidak teratur. Caranya, ambil 2 batang wortel dan 2 jari labu air. Cuci bersih, lalu parut. Tambahkan 1 cangkir air dan garam, lalu peras dan saring. Minum dua kali sehari.
  • Cacing kremi. Caranya, ambil 2 batang wortel, 3 lembar daun pulai, dan 3 lembar daun buah nona, cuci bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir santan kental dan garam, lalu peras dan saring. Minum 1 kali sehari.
  • Eksema. Caranya, ambil 3 batang wortel, cuci bersih, lalu parut. Tambahkan 1/2 gelas, lalu peras dan saring. Minum 2 kali sehari.


Wortel diketahui banyak mengandung protein, karbohidat, lemak, serat, vitamin A, glutation, beta-kareoten, dan unsur-unsur alkalin seperti kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, sulfur, silikon, dan klorin. Dengan kandungannya tersebut, Wortel berkhasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kanker pankreas, kanker paru-paru, hepatitis, dan mencegah stroke.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment